MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN 1
“GRAPHICAL USER INTERFACE (2)”
Disusun Oleh :
Nama :
Tiyara Rizki Ameliya
NIM :
20180910076
Kelas :
SI 2018 C
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN 2019/2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah
menganugerahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, karena dengan karunia-nya lah
makalah yang berjudul “Graphical User Interface” ini dapat selesai tepat waktu
tanpa hambatan yang berarti. Makalah ini
disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini
masih banyak kesalahan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya
sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca untuk
materi evaluasi mengenai penulisan makalah berikutnya.
Akhir kata, semoga makalah ini
bermanfaat bagi kita semua. Amiin..
Kuningan, 07 Desember 2019
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI .............................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN ..............................................................................1
A. Latar
Belakang ............................................................................1
B. Rumusan
Masalah ............................................................................1
C. Tujuan
Penulisan ............................................................................1
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................1
A. Dasar
Teori ............................................................................1
B. Contoh
Program / Post Test...................................................................1
BAB
III PENUTUP 13
A. Kesimpulan 13
DAFTAR PUSTAKA 14
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
GUI 1 dan GUI 2. GUI sendiri
singkatan dari Grapchical User Interface. Tujuan mempelajari modul kali ini
ialah memahami konsep dasar Pemrograman GUI, serta mampu membuat contoh
sederhananya dan juga kita bisa membuat aplikasi GUI dengan bantuan tools
visual Netbeans.
B. Rumusan Masalah
1.
Dasar Teori
2.
Contoh Program Sederhana
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan
makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Bahasa
Pemrograman 1. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca
termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan
referensi mengenai teknologi tentang java tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Dasar Teori
Netbeans adalah salah satu editor
java yang sangat membantu dalam membuat program aplikasi menggunakan bahasa
java, hal ini di karenakan Netbeans sudah menyediakan IDE berbentuk visual.
Dalam perancangan tampilan antar
muka program Netbeans menyediakan Pallete yang berisi komponen-komponen yang
akan digunakan dalam pembuatan aplikasi java berbasis GUI. Atribut dari tiap
komponen yang ada pada jendela Palette dapat dengan mudah disetting dari dari
jendela palette dapat dengan mudah disetting dari jendela properties.
B. Contoh Program / Post Test
Syntax:
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
import java.text.DecimalFormat;
public class Latihan_01 extends JFrame implements
ActionListener {
JLabel label1 = new JLabel();
JLabel label2 = new JLabel();
JLabel label3 = new JLabel();
JTextArea text1 = new JTextArea(1,20);
JTextField text2 = new JTextField();
JTextField text3 = new JTextField();
JButton button1 = new JButton();
JButton button2 = new JButton();
JButton button3 = new JButton();
JButton button4 = new JButton();
JButton button5 = new JButton();
JButton buttonhapus = new JButton();
JButton button7 = new JButton();
JButton button8 = new JButton();
JButton button9 = new JButton();
JButton button10 = new JButton();
JButton button11 = new JButton();
JButton button12 = new JButton();
JButton button13 = new JButton();
JButton button14 = new JButton();
JButton button15 = new JButton();
JButton button16 = new JButton();
JButton button17 = new JButton();
JButton button18 = new JButton();
JButton button19 = new JButton();
JButton button20 = new JButton();
JButton button21 = new JButton();
JButton button22 = new JButton();
JButton button23 = new JButton();
JButton button24 = new JButton();
JButton button25 = new JButton();
JButton button26 = new JButton();
JButton button27 = new JButton();
JButton button28 = new JButton();
JButton button29 = new JButton();
DecimalFormat koma = new
DecimalFormat("#.##");
double angkapertama, angkakedua,hasil,n ;
int tambah=0,kurang=0,bagi=0,kali=0, persen=0,
akar=0;
public void CiptakanJFrame(){
setLayout(null);
setTitle("Kalkulator");
setVisible(true);
setSize(355,305);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
}
public void CiptakanJLabel(){
label1.setText("View");
label1.setBounds(10, 5, 40, 20);
add(label1);
label2.setText("Edit");
label2.setBounds(50, 5, 40, 20);
add(label2);
label3.setText("Help");
label3.setBounds(80, 5, 40, 20);
add(label3);
}
public void CiptakanJTextField(){
text1.setBounds(10, 30, 320, 50);
add(text1);
/*text2.setBounds(120, 30, 160, 20);
add(text2);
text3.setBounds(120, 50, 160, 20);
add(text3);*/
}
public void CiptakanJButton(){
button1.setText("MC");
button1.setBounds(10, 90, 55, 20);
button1.addActionListener(this);
add(button1);
button2.setText("MR");
button2.setBounds(75, 90, 55, 20);
button2.addActionListener(this);
add(button2);
button3.setText("MS");
button3.setBounds(140, 90, 55, 20);
button4.addActionListener(this);
add(button3);
button4.setText("M+");
button4.setBounds(205, 90, 55, 20);
add(button4);
button5.setText("M-");
button5.setBounds(270, 90, 55, 20);
add(button5);
buttonhapus.setBounds(10, 120, 55, 20);
add(buttonhapus);
button7.setText("CE");
button7.setBounds(75, 120, 55, 20);
add(button7);
button8.setText("C");
button8.setBounds(140, 120, 55, 20);
add(button8);
button9.setText("±");
button9.setBounds(205, 120, 55, 20);
add(button9);
button10.setText("√");
button10.setBounds(270, 120, 55, 20);
add(button10);
button11.setText("7");
button11.setBounds(10, 150, 55, 20);
add(button11);
button12.setText("8");
button12.setBounds(75, 150, 55, 20); add(button12);
button13.setText("9");
button13.setBounds(140, 150, 55, 20);
add(button13);
button14.setText("/");
button14.setBounds(205, 150, 55, 20);
add(button14);
button15.setText("%");
button15.setBounds(270, 150, 55, 20);
add(button15);
button16.setText("4");
button16.setBounds(10, 180, 55, 20);
add(button16);
button17.setText("5");
button17.setBounds(75, 180, 55, 20);
add(button17);
button18.setText("6");
button18.setBounds(140, 180, 55, 20);
add(button18);
button19.setText("*");
button19.setBounds(205, 180, 55, 20);
add(button19);
button20.setText("1/x");
button20.setBounds(270, 180, 55, 20);
add(button20);
button21.setText("1");
button21.setBounds(10, 210, 55, 20);
add(button21);
button22.setText("2");
button22.setBounds(75, 210, 55, 20);
add(button22);
button23.setText("3");
button23.setBounds(140, 210, 55, 20);
add(button23);
button24.setText("-");
button24.setBounds(205, 210, 55, 20);
add(button24);
button25.setText("=");
button25.setBounds(270, 210, 50, 55);
add(button25);
button26.setText("0");
button26.setBounds(10, 240, 100, 20);
add(button26);
button27.setText(",");
button27.setBounds(140, 240, 55, 20);
add(button27);
button28.setText("+");
button28.setBounds(205, 240, 55, 20);
add(button28);
button4.addActionListener(this);
button5.addActionListener(this);
buttonhapus.addActionListener(this);
button7.addActionListener(this);
button8.addActionListener(this);
button9.addActionListener(this);
button10.addActionListener(this);
button11.addActionListener(this);
button12.addActionListener(this);
button13.addActionListener(this);
button14.addActionListener(this);
button15.addActionListener(this);
button16.addActionListener(this);
button17.addActionListener(this);
button18.addActionListener(this);
button19.addActionListener(this);
button20.addActionListener(this);
button21.addActionListener(this);
button22.addActionListener(this);
button23.addActionListener(this);
button24.addActionListener(this);
button25.addActionListener(this);
button26.addActionListener(this);
button27.addActionListener(this);
button28.addActionListener(this);
}
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
Object source = e.getSource();
if(source == button8){
angkapertama = 0.0;
angkakedua = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == button7){
angkapertama = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == button1){
angkapertama = 0.0;
angkakedua = 0.0;
hasil = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == button2){
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button3){
angkapertama = numberReader();
hasil = angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button4){
angkapertama = numberReader();
hasil = angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button5){
hasil= 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == buttonhapus){
String backspace = null;
if(text1.getText().length() > 0){
StringBuilder strB = new
StringBuilder(text1.getText());
strB.deleteCharAt(text1.getText().length() - 1);
backspace = strB.toString();
text1.setText(backspace);
}
}
else if(source == button20){
angkapertama = numberReader();
hasil = 1/ angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button27){
angkapertama = numberReader();
text1.setText(angkapertama+"");
String x =
koma.format(angkapertama).replace(',','.') ;
angkapertama = Float.parseFloat(x);
}
else if(source == button9){
angkapertama = numberReader();
double x = 2 * angkapertama;
angkapertama -= x;
text1.setText(angkapertama+"");
}
else if(source == button21){
text1.append("1");
}
else if(source == button22){
text1.append("2");
}
else if(source == button23){
text1.append("3");
}
if(source == button16){
text1.append("4");
}
else if(source == button17){
text1.append("5");
}
else if(source == button18){
text1.append("6");
}
if(source == button11){
text1.append("7");
}
else if(source == button12){
text1.append("8");
}
else if(source == button13){
text1.append("9");
}
else if(source == button26){
text1.append("0");
}
else if(source == button28){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 1;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source == button24){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 1;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source == button14){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 1;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source == button15){
angkapertama = numberReader();
hasil = (angkapertama / 100);
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 1;
kali = 0;
}
else if(source == button19){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 1;
}
else if(source == button10){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
akar = 1;
}
else if(source == button25){
if(tambah>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama + angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if(kurang>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama - angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if(bagi>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama / angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if(persen>0){
hasil = (angkapertama / 100);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if (kali>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama * angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if (akar>0){
hasil = Math.sqrt(angkapertama);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
}
}
public double numberReader(){
double angkaPertama;
String n;
n = text1.getText();
angkaPertama = Double.valueOf(n);
return angkaPertama;
}
public static void main (String[] args) {
// TODO code application logic here
Latihan_01 f1 = new Latihan_01();
f1.CiptakanJFrame();
f1.CiptakanJLabel();
f1.CiptakanJTextField();
f1.CiptakanJButton();
}
}
|
Hasil running dari kode program diatas yaitu seperti
dibawah ini:
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang
dibuat menggunakan aplikasiyang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan
komponen-komponen yangtidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen
tersebut bisa berupa tombol,gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user
menggunakan program yangdibuat tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang
dapat digunakan untukmengembangkan program-program GUI, yaitu AWT dan Swing.
AWT adalah istilah bagisekumpulan objek GUI yang dibawa oleh Java diawal kemunculannya
ketika masihmengusung nama Java (Bukan Java 2). Secara umum bisa dikatakan
bentuk dari objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh
sistem operasi, misalnya WINDOWS. Swing adalah sebutan bagi objek visual yang
dibawa Java 2. Objek-objekSwing merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek
Swing memiliki desain yangberbeda dibandingkan dengan desain default dari
sistem operasi. Dengan kata lain objekSwing adalah objek visual yang mengusung
teknologi Java murni.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar