MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN 1
“DASAR JAVA GRAFIS”
Disusun Oleh :
Nama :
Tiyara Rizki Ameliya
NIM :
20180910076
Kelas :
SI 2018 C
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN 2019/2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah
menganugerahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, karena dengan karunia-nya lah
makalah yang berjudul “Dasar Java Grafis” ini dapat selesai tepat waktu tanpa
hambatan yang berarti. Makalah ini
disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini
masih banyak kesalahan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya
sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca untuk
materi evaluasi mengenai penulisan makalah berikutnya.
Akhir kata, semoga makalah ini
bermanfaat bagi kita semua. Amiin..
Kuningan, 28 Desember 2019
Dasar Java
Grafis
A.
Grafis
Java: Kelas Container
Kelas-kelas Java dapat
digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes),
kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component
classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah
atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari
kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable.
Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk
memformat tampilan kelas lainnya.
Kelas Container
termasuk dalam container classes. Kelas Container sebenarnya adalah Abstract
Window toolkit (AWT) container sebagai wadah untuk obyek dari kelas-kelas
grafis ketika Java pertama kali diperkenalkan (kelas Window, Panel, Frame,
Dialog dan Applet). Untuk menyusun obyek-obyek atau komponen di wadah sesuai
dengan posisi yang diinginkan, dapat digunakan kelas bantu (helper class)
LayoutManager. Berikut ini adalah hirarki turunan dari kelas Container:
Kelas Container
merupakan kelas turunan langsung dari kelas Component. Kelas Container juga
mempunyai banyak sekali metoda selain juga metoda yang diwarisi dari kelas
Component. Tabel berikut ini adalah beberapa metoda penting yang dimiliki oleh kelas
Container:
·
Metoda
kelas Container
Metoda
|
Keterangan
|
add(Component
comp)
|
Menambahkan
sebuah komponen ke dalam wadah (container)
|
add(Component
comp, int index)
|
Menambahkan
sebuah komponen ke dalam wadah dengan posisi yang telah ditentukan oleh
parameter index.
|
paint(Graphics g)
|
Menggambar di wadah (container)
|
paintComponent(Graphics g)
|
Menggambar
paintComponent(Graphics g)
|
remove(Component comp)
|
Menghilangkan komponen tertentu dari
wadah (container)
|
remove(int index)()
|
Menghilangkan
komponen yang ditentukan oleh index dari wadah (container)
|
removeAll()
|
Menghilangkan semua komponen dari
wadah (container)
|
setLayout(LayoutManager mgr)
|
Menentukan
tata letak (layout manager) dari wadah (container).
|
getLayout()
|
Mengembalikan
jenis tata letak (layout manager) yang digunakan oleh wadah (container).
|
B.
Grafis
Java: Kelas Component
Kelas-kelas Java dapat
digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes),
kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component
classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah
atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari kelas
seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable.
Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk
memformat tampilan kelas lainnya.
Kelas Component
merupakan kelas abstrak. Secara hirarki, kelas Component adalah turunan dari
kelas Object. Kelas Object berada di puncak teratas dalam hirarki kelas di
Java. Semua kelas, langsung maupun tidak langsung, merupakan turunan dari kelas
Object. Berikut ini adalah hirarki turunan dari kelas Component:
Kelas Component mempunyai
banyak sekali metoda. Semua kelas turunan dari kelas Component akan mewarisi
semua metoda yang bisa diakses (accessible method) dari kelas ini. Berikut ini
adalah tabel beberapa metoda penting dari kelas Component:
·
Metoda
kelas Component
Metoda
|
Keterangan
|
setSize(int width, int height)
|
Mengatur
kembali ukuran komponen sehingga mempunyai lebar width dan tinggi height.
|
setVisible(boolean b)
|
Menampilkan
atau menyembunyikan komponen tergantung dari nilai boolean b.
|
setFont(Font f)
|
Mengatur
jenis huruf dari komponen
|
getFont(Font f)
|
Mengembalikan
jenis huruf dari komponen
|
setForegound(Color c)
|
Mengatur
warna latar depan (foreground) dari komponen
|
getForeground()
|
Mengembalikan
warna latar depan (foreground) dari komponen.
|
setBackground(Color c)
|
Mengatur
warna latar belakang (background) dari komponen.
|
getBackground()
|
Mengembalikan
warna latar belakang (background) dari komponen.
|
getWidth()
|
Mengembalikan
lebar komponen saat ini
|
getHeight()
|
Mengembalikan
tinggi komponen saat ini
|
setPreferedSize()
|
Mengatur
ukuran komponen yang diinginkan.
|
getPreferedSize(Dimention d)
|
Mengembalikan
ukuran komponen yang diinginkan.
|
isVisible()
|
Menunjukkan
apakah komponen ini tampak
|
setVisible(boolean b)
|
Menampilkan
atau meyembunyikan komponen.
|
setName(String name)
|
Mengatur
nama komponen ke string yang telah ditentukan
|
getName()
|
Mengembalikan
nama dari komponen.
|
C.
Grafis
Java: Kelas Color
Kelas-kelas Java dapat
digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes),
kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component
classes). Kelas yang termasuk dalam container classes dapat digunakan sebagai wadah
atau tempat bagi kelas-kelas komponen (component classes) yaitu obyek dari
kelas seperti JButton, JTextArea, JTexField, JComboBox, JListBox dan JTable.
Kelas-kelas yang termasuk ke dalam helper classes dapat digunakan untuk
memformat tampilan kelas lainnya.
Sesuatu yang berwarna
tentu akan lebih indah dan menarik, demikian juga dengan komponen grafis Java
yang diberi warna. warna di Java juga dapat disusun dari warna merah (red),
hijau (green) dan warna biru (blue) atau yang lebih dikenal dengan RGB. Masing-masing
warna diwakili oleh nilai byte dengan rentang nilai dari 0 sampai dengan 255. Berikut
ini adalah hirarki turunan kelas Color:
Kelas Color mempunyai
lebih dari lima konstruktor dan lebih dari dua puluh metoda. Disamping
konstruktor dan metoda, kelas Color juga memiliki predeclared color constant (konstanta
warna) yang digunakan untuk mewakili warna tertentu. Konstanta warna tersebut dideklarasikan
dengan modifier public final static. Tabel-tabel berikut ini adalah daftar beberapa
konstanta warna, konstruktor dan metoda kelas Color yang sering digunakan di dalam
program.
·
Konstanta
warna kelas Color
Metoda
|
Warna
|
Nilai
RGB
|
public
final static Color RED
|
Merah
|
255.0.0
|
public
final static Color GREEN
|
Hijau
|
0.255.0
|
public
final static Color BLUE
|
Biru
|
0.0.255
|
public
final static Color WHITE
|
Putih
|
255.255.255
|
public
final static Color YELLOW
|
Kuning
|
255.255.0
|
public
final static Color BLACK
|
Hitam
|
0.0.0
|
public
final static Color PINK
|
Merah
Muda
|
255.200.0
|
public
final static Color ORANGE
|
Jingga
tua
|
255.175.175
|
·
Konstruktor
kelas Color
Konstruktor
|
Keterangan
|
Color(float
r, float g, float b)
|
Mengkonstruksi
warna dengan menentukan nilai r, g dan b dengan rentang (range) 0.0–1.0.
|
Color(int
r, int g, int b)
|
Mengkonstruksi
warna dengan menentukan nilai r, g dan b dengan rentang (range) 0–255.
|
·
Metoda
kelas Color
Metoda
|
Keterangan
|
getGreen()
|
Mengembalikan
nilai integer (int) yang mewakili warna hijau dengan rentang 0-255.
|
getRed()
|
Mengembalikan
nilai integer (int) yang mewakili warna merah dengan rentang 0-255.
|
getBlue()
|
nilai
integer (int) yang mewakili warna biru dengan rentang 0-255.
|
D.
Menggunakan
Kelas Graphics Di Java
Kelas Graphics
merupakan kelas abstrak yang menyediakan interface grafis untuk menampilkan
bentuk dan gambar di layar (screen) di platform berbeda. Ketika metoda paint(Graphics
g) atau paintComponent(Graphics g) digunakan, g adalah obyek subclass konkret
dari kelas abstrak Graphics.
Kelas Graphics
mempunyai banyak metoda yang dapat digunakan untuk menggambar string, line dan
berbagai bentuk bangun. Anda dapat memanggil metoda-metoda tersebut menggunakan
variabel acuan g yang mengacu ke obyek kelas Graphics, yang merupakan parameter
dari metoda pain dan paintComponent. Berikut ini adalah tabel beberapa metode dari
kelas Graphics:
·
Metoda
Kelas Graphics
Metoda
|
Keterangan
|
drawString(String str, int x, int y)
|
Menggambar string dengan posisi
(koordinat) ditentukan oleh x dan y.
|
drawLine(int x1, int y2, int x2, int
y2)
|
Menggambar garis dengan titik pertama
x1 dan y1 dan titik kedua x2 dan y2.
|
drawRect(int x, int y, int width, int
height)
|
Menggambar persegi panjang dengan
sudut kiri atas ditentukan oleh x dan y serta lebar dan panjang ditentukan
oleh width dan height.
|
fillRect(int x, int y, int width, int
height)
|
Menggambar
persegi panjang berwarna dengan sudut kiri atas ditentukan oleh x dan y serta
lebar dan panjang ditentukan oleh width dan height.
|
drawOval (int x, int y, int width, int
height)
|
Menggambar lingkaran lonjong dengan
panjang dan lebar ditentukan oleh width dan height. Sudut kiri atas yang
melingkar berada pada koordinat x dan y.
|
fillOval (int x, int y, int width, int
height)
|
Menggambar lingkaran lonjong berwarna
dengan panjang dan lebar ditentukan oleh width dan height. Sudut kiri atas
yang melingkar berada di koordinat x dan y.
|
drawRoundRect(int x, int y, int width,
int height, int arcWidth, int arcHeight)
|
Menggambar persegi panjang yang
mempunyai sudut melingkar dengan lebar dan tinggi ditentukan oleh width dan
height. Sudut-sudut melingkar ditentukan oleh arcWidth dan arcHeight.
|
fillRoundRect(int x, int y, int width,
int height, int arcWidth, int arcHeight)
|
Menggambar persegi panjang berwarna
yang mempunyai sudut melingkar dengan lebar dan tinggi ditentukan oleh width
dan height. Sudut-sudut melingkar ditentukan oleh arcWidth dan arcHeight.
|
draw3DRect(int x, int y, int width,
int height, boolean b)
|
Menggambar persegi panjang berdimensi
tiga dengan sudut kiri atas ditentukan oleh x dan y serta lebar dan tinggi
ditentukan oleh width dan height.
|
fill3DRect(int x, int y, int width,
int height, boolean b)
|
Menggambar persegi panjang berdimensi
tiga berwarna dengan sudut kiri atas ditentukan oleh x dan y serta lebar dan
tinggi ditentukan oleh width dan height.
|
E.
Contoh
Program
// Nama file :
DrawingRect.java
// Mengambar
rectangle di frame (JFrame)
// mengimpor kelas
import
javax.swing.JFrame;
import
java.awt.Graphics;
import
java.awt.Color;
// deklarasi kelas
public class
DrawingRect extends JFrame {
// Konstruktor kelas DrawingRect
public DrawingRect() {
super("Kelas
DrawingRect");
setSize(260, 165);
setVisible(true);
}
// Metoda paint
public void paint(Graphics g) {
// Memanggil metoda paint dari
superclass
super.paint(g);
// Mengatur warna
g.setColor(Color.RED);
g.drawRect(20, 40, 220, 50);
g.setColor(Color.BLUE);
g.fillRect(20, 100, 220, 50);
}
// Metoda main
public static void main(String[] args) {
DrawingRect frame = new DrawingRect();
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar