Sabtu, 07 Desember 2019

Graphical User Interface (1)


MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN 1
“GRAPHICAL USER INTERFACE (1)”







 

Disusun Oleh :
Nama    : Tiyara Rizki Ameliya
NIM      : 20180910076
Kelas    : SI 2018 C




FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN 2019/2020



KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, karena dengan karunia-nya lah makalah yang berjudul “Graphical User Interface (1)” ini dapat selesai tepat waktu tanpa hambatan yang berarti. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kesalahan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca untuk materi evaluasi mengenai penulisan makalah berikutnya.
            Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin..






Kuningan, 07 Desember 2019







DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                     i
DAFTAR ISI                        ...........................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN   ............................................................................1
      A.    Latar Belakang           ................................................................................1           
B.     Rumusan Masalah      ................................................................................1 
C.     Tujuan Penulisan        ................................................................................1 
D.    Manfaat                      ................................................................................2
BAB II LANDASAN TEORI........................................................................2           
      A.    Pengertian Java          ................................................................................2           
      B.     Pengertian GUI          ................................................................................2
      C.     Pengertian Java GUI  ................................................................................2
BAB III PEMBAHASAN   ............................................................................3           
      A.    Komponen Penyusunan Java GUI.............................................................3
      B.     Fungsi GUI                ................................................................................3
      C.     Macam-Macam GUI  ................................................................................4
      D.    Kelebihan dan Kekurangan GUI...............................................................6
BAB IV PENUTUP                                                                                        6
      A.    Kesimpulan                                                                                                6
DAFTAR PUSTAKA                                                                                     7





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Pengguna GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface).
Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Java GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada java adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapatdengan mudah dioperasikan user.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa komponen java GUI ?
2.      Apa fungsi GUI ?
3.      Apa saja dan berapa banyak macam dari java GUI ?
4.      Apa kelebihan dan kukurangan GUI ?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk lebih memahami Java GUI
2.      Untuk mengetahui apa saja komonen – komponen penyusun java GUI
3.      Untuk mengetahui fungsi dari GUI
4.      Untuk mengetahui jumlah dan macam-macam java GUI
5.      Untuk mengetahui apa saja kelebihan dari Java
D.    Manfaat
            1.      Bagi Penulis:
Agar penulis bisa lebih mengerti dan memahami penggunaan Java GUI.
            2.      Bagi Pengajar:
           Menambah referensi dalam memahami atau mengerti Java GUI
           3.      Bagi Pembaca:
           Menambah pengetahuan dan wawasan dalam hal pemrograman terutama Java GUI.




BAB II
LANDASAN TEORI
A.    Pengertian Java
JAVA merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dijalankan di berbagai komputer dan pada handphone. Java pertama kali dikembangkan oleh Sun Microsystems yang menjelaskan bahwa bahasa java dapat digambarkan sebagai a simple, object-oriented, distributed, interpreted, robust, secure, architecture neutral, portable, high-performance, multithreaded, dan dynamic language. Sebuah program dalam bahasa java dirakit ( compiled ) menjadi sebuah berkas byte-code.
B.     Pengertian Gui
GUI ( Graphical User Interface ) adalah metode interaksi secara grafis antara pengguna dengan komputer yang berfungsi memudahkan pengguna dalam menggunakan computer secara maksimal. Contoh penggunaan jenis GUI : Microsoft Windows, MacOS dan Xwin.
C.    Pengertian Java GUI
JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user. Banyak sudah aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI sebagai nilai penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras juga termasuk di dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user interface dengan mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.




BAB III
PEMBAHASAN
A.    Komponen penyusun Java GUI
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class)
            1. Koordinat GUI
  1. AWT (Abstract Windows Toolkit) merupakan paket dasar dalam pembentukan GUI dengan menggunakan platform yang terdapat dalam masing-masing OS (native resource) Paket dasar : java.awt.component
  2. Swing Product SUN dalam membangun GUI yang Independent sehingga bersifat cross platform dalam tampilan window yang dihasilkan. Paket dasar: javax.swing.Jcomponent
  3. Event Handler Aksi-reaksi yang diberikan pada tiap-tiap komponen GUI
B.     Fungsi GUI
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
1.      Pointing device dengan perangkat berupa mouse
2.      Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
3.      Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
4.      Tntuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
5.      Pembuatan website
6.      Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
C.    Macam – macam GUI
Ini adalah beberapa macam contoh GUI pada Java:
1.      AWT (Abstract Window Toolkit) – SUN Microsystem -> Oracle Product
AWT (Abstract Window Toolkit) ini adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa pemrograman Java, sayang-nya AWT ini sangat-sangat kekurangan komponen yang biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop secara lengkap (komponen tabel saja tidak ada ). Terlepas dari kurang-nya komponen GUI yang terdapat pada AWT (Abstract Window Toolkit), aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) akan tampak seperti aplikasi native. Maksudnya yaitu, jika aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit) ini dijalankan pada Sistem Operasi Windows. Maka aplikasi ini akan terlihat seperti aplikasi Windows pada umum-nya, dan begitu juga jika dijalankan pada Sistem Operasi Mac ataupun GNU/Linux. Kenapa ini bisa terjadi, karena AWT (Abstract Window Toolkit) ini benar-benar memanggil native subrutin untuk menggambar setiap komponen-nya ke layar.
2.      Java Swing – SUN Microsystem -> Oracle
GUI Toolkit yang mungkin paling banyak dikenal oleh teman-teman yang baru belajar Pemrograman GUI di Java dibandingkan dengan GUI Toolkit yang lain GUI Toolkit ini lebih banyak dikenal dikarenakan dukungan tutorialnya yang cukup banyak bertebaran di Internet, dan juga merupakan standart dari Java yang mana kita tidak perlu melakukan penambahan library lagi kalau ingin menggunakan GUI Toolkit ini. Selain itu, terdapat 2 IDE besar yang menggunakan GUI Toolkit Java Swing yaitu NetBeans IDE(OpenSource) dan IntelliJ IDEA (mempunyai versi OpenSource dan Komersial)
Dibandingkan dengan pendahulu-nya yaitu AWT (Abstract Window Toolkit), Swing mempunyai lebih banyak komponen pendukung untuk membangun sebuah aplikasi yang lengkap untuk keperluan desktop. Selain didukung dengan banyak-nya komponen, Swing ini benar-benar murni 100 % ditulis dengan bahasa pemrograman Java tanpa adanya sebuah wrapper untuk memanggil rutin-rutin native code via JNI (Java Native Interface). Seluruh komponen yang terdapat pada Swing, semuanya murni digambar sendiri menggunakan API (Application Programming Interface) 2D untuk memanggil rutin-rutin dasar penggambaran komponen-nya. Nah dengan model seperti ini, memungkinkan sekali aplikasi yang dibangun menggunakan Swing tampak sama persis di berbagai macam Sistem Operasi.
Selain itu, Swing juga mempunyai kemampuan untuk berganti-ganti tampilan menggunakan LAF (Look And Feel) atau themes Sayang-nya, jika kita menginginkan tampilan GUI yangnative(tampilan-nya sama seperti aplikasi-aplikasi lain pada sistem operasi target) Swing seperti-nya masih terasa kurang smoothterutama dukungan pada font rendering-nya . Untuk teman-teman yang penasaran bagaimana sih sebenarnya tampilan dari GUI Toolkit Swing ini ? Dibawah ini adalah screenshot Swing standart yang bisa kita gunakan tanpa perlu menambahkan library lagi
3.      SWT (Standart Widget Tookit) – IBM Product -> Eclipse Foundation
SWT (Standart Widget Toolkit) ini adalah sebuah GUI Toolkit yang dikeluaran oleh IBM sebagai alternatif dari AWT/Java Swing milik SUN Microsystem, yang membedakan antara SWT (Standart Widget Toolkit) dan AWT/Java Swing adalah SWT ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi melalui JNI (Java Native Interface). Dengan model seperti ini, memungkinkan tampilan aplikasi yang dibangun menggunakan GUI Toolkit SWT menjadi sama persis dengan aplikasi native lain-nya. Kekurangan dari model pemanggilan native GUI library seperti ini adalah kita harus menyediakan library untuk tiap-tiap Sistem Operasi target aplikasi kita.
4.      QtJambi – Trolltech -> Nokia Product -> Stopped and Taken By Community
Pernah menggunakan Desktop Environment KDE ? Ingin membuat aplikasi yang tampilan-nya mirip denganKDE ? Kalau teman-teman ingin membangun aplikasi yang tampilan-nya tampak seperti aplikasi yang terdapat pada KDE tapi masih ingin menggunakan bahasa java sebagai dasar-nya, maka QtJambi adalah pilihan yang tepat untuk teman-teman. Karena QtJambi ini merupakan binding Qt Framework dengan bahasa Java, tetapi sayang-nya proyek QtJambi sudah tidak disupport oleh Nokia dan secara resmi telah ditutup Untung-nya, awal tahun ini ada beberapa developer yang peduli dengan kelangsungan proyek ini dan akhir-nya membuat sebuah komunitas untuk melanjutkan pengembangan proyek QtJambi, sekarang teman-teman bisa melihat perkembangan proyek QtJambi ini pada halaman QtJambi Community.
5.      avaGNOME – Community Product
Jika QtJambi diatas ditujukan untuk teman-teman yang sudah akrab dengan API (Application Programming Interface) Qt Framework, berbeda dengan JavaGNOME Proyek ini lebih dikhususkan untuk teman-teman pecinta GTK atau yang paling banyak dikenal yaitu GNOMESama seperti GUI Toolkit SWT dan QTJambi, JavaGNOME ini juga mengakses native library tetapi API yang digunakan adalah API dari GTK. Untuk teman-teman yang sudah terbiasa membangun aplikasi menggunakan Glade, maka teman-teman bisa men-design form-nya menggunakan Glade dan memanggil-nya menggunakan bahasa java melalui JavaGNOME.
D.    Kelebihan dan Kekurangan GUI
-          Kelebihan GUI :
1.      Desain Grafis lebih menarik.
2.      GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3.      Memudahkan pengguna.
4.      Menarik minat pengguna.
5.      Resolusi gambar yang tinggi.
-          Kekurangan GUI :
1.      Memakan memory yang sangat besar.
2.      Bergantung pada perangkat keras.
3.      Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
4.      Tidak fleksibel.





BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasiyang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yangtidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol,gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yangdibuat tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang dapat digunakan untukmengembangkan program-program GUI, yaitu AWT dan Swing. AWT adalah istilah bagisekumpulan objek GUI yang dibawa oleh Java diawal kemunculannya ketika masihmengusung nama Java (Bukan Java 2).
Secara umum bisa dikatakan bentuk dari objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi, misalnyaWINDOWS. Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa Java 2. Objek-objekSwing merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek Swing memiliki desain yangberbeda dibandingkan dengan desain default dari sistem operasi. Dengan kata lain objekSwing adalah objek visual yang mengusung teknologi Java murni.




DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar