MAKALAH BAHASA PEMROGRAMAN 1
“GRAPHICAL USER INTERFACE (1)”
Disusun Oleh :
Nama :
Tiyara Rizki Ameliya
NIM :
20180910076
Kelas :
SI 2018 C
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN 2019/2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah
menganugerahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, karena dengan karunia-nya lah
makalah yang berjudul “Graphical User Interface (1)” ini dapat selesai tepat waktu
tanpa hambatan yang berarti. Makalah ini
disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini
masih banyak kesalahan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saya
sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca untuk
materi evaluasi mengenai penulisan makalah berikutnya.
Akhir kata, semoga makalah ini
bermanfaat bagi kita semua. Amiin..
Kuningan, 07 Desember 2019
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ...........................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................1
A. Latar
Belakang ................................................................................1
B. Rumusan
Masalah ................................................................................1 C. Tujuan Penulisan ................................................................................1
D. Manfaat ................................................................................2
BAB II LANDASAN TEORI........................................................................2
A. Pengertian
Java ................................................................................2
B. Pengertian
GUI ................................................................................2
C. Pengertian
Java GUI ................................................................................2
BAB III PEMBAHASAN ............................................................................3
A. Komponen
Penyusunan Java GUI.............................................................3
B. Fungsi
GUI ................................................................................3
C. Macam-Macam
GUI ................................................................................4
D. Kelebihan
dan Kekurangan GUI...............................................................6
BAB
IV PENUTUP 6
A. Kesimpulan 6
DAFTAR
PUSTAKA 7
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface
merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI,
ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering
kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model
ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUI biasanya adalah administrator
sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman
dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat,
mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Pengguna GUI biasanya adalah
mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. Graphical Unit
Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu
software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan
software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian
dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface).
Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI
tersebut tampak menarik. Java GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI
sendiri, namun disini GUI pada java adalah salah satu dari fasilitas Java dalam
mengembangkan suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya
akan disesuaikan dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar.
Intinya, GUI pada Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah
sistem, seperti komponen navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu,
sinkronisasi antar interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang
baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapatdengan mudah dioperasikan user.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa komponen java GUI ?
2.
Apa fungsi GUI ?
3.
Apa saja dan berapa banyak macam dari java GUI ?
4.
Apa kelebihan dan kukurangan GUI ?
C. Tujuan Penulisan
1.
Untuk lebih memahami Java GUI
2.
Untuk mengetahui apa saja komonen – komponen penyusun
java GUI
3.
Untuk mengetahui fungsi dari GUI
4.
Untuk mengetahui jumlah dan macam-macam java GUI
5.
Untuk mengetahui apa saja kelebihan dari Java
D. Manfaat
1.
Bagi Penulis:
Agar penulis bisa lebih mengerti dan memahami penggunaan Java GUI.
2. Bagi
Pengajar:
Menambah
referensi dalam memahami atau mengerti Java GUI
3. Bagi Pembaca:
Menambah pengetahuan dan wawasan
dalam hal pemrograman terutama Java GUI.
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Java
JAVA merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dijalankan di berbagai
komputer dan pada handphone. Java pertama kali dikembangkan oleh Sun
Microsystems yang menjelaskan bahwa bahasa java dapat digambarkan sebagai a
simple, object-oriented, distributed, interpreted, robust, secure, architecture
neutral, portable, high-performance, multithreaded, dan dynamic language.
Sebuah program dalam bahasa java dirakit ( compiled ) menjadi sebuah berkas
byte-code.
B. Pengertian Gui
GUI ( Graphical User Interface ) adalah metode interaksi secara
grafis antara pengguna dengan komputer yang berfungsi memudahkan pengguna dalam
menggunakan computer secara maksimal. Contoh penggunaan jenis GUI : Microsoft
Windows, MacOS dan Xwin.
C. Pengertian Java GUI
JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun
disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan
suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan
dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada
Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen
navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar
interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana
nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user. Banyak sudah
aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI sebagai nilai
penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras juga termasuk di
dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user interface dengan
mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah
dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.
BAB III
PEMBAHASAN
A. Komponen penyusun Java GUI
Komponen Utama GUI java adalah JFC (Java Fundamental Class)
1. Koordinat
GUI
- AWT (Abstract Windows Toolkit) merupakan paket dasar dalam pembentukan GUI dengan menggunakan platform yang terdapat dalam masing-masing OS (native resource) Paket dasar : java.awt.component
- Swing Product SUN dalam membangun GUI yang Independent sehingga bersifat cross platform dalam tampilan window yang dihasilkan. Paket dasar: javax.swing.Jcomponent
- Event Handler Aksi-reaksi yang diberikan pada tiap-tiap komponen GUI
B.
Fungsi GUI
Dari
pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan
informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI
dalam dunia Iptek khususnya komputer :
1. Pointing
device dengan perangkat berupa mouse
2. Memiliki
fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan
uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
3. Membuat
software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat
digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet.
sound, graphic dan lain-lain
4. Tntuk
digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
5. Pembuatan
website
6. Opensource
software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
C.
Macam –
macam GUI
Ini adalah
beberapa macam contoh GUI pada Java:
1. AWT
(Abstract Window Toolkit) – SUN Microsystem -> Oracle Product
AWT
(Abstract Window Toolkit) ini adalah GUI Toolkit pertama pada bahasa
pemrograman Java, sayang-nya AWT ini sangat-sangat kekurangan komponen yang
biasa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi desktop secara lengkap
(komponen tabel saja tidak ada ). Terlepas dari kurang-nya komponen GUI yang
terdapat pada AWT (Abstract Window Toolkit), aplikasi yang dibangun menggunakan
AWT (Abstract Window Toolkit) akan tampak seperti aplikasi native. Maksudnya
yaitu, jika aplikasi yang dibangun menggunakan AWT (Abstract Window Toolkit)
ini dijalankan pada Sistem Operasi Windows. Maka aplikasi ini akan terlihat
seperti aplikasi Windows pada umum-nya, dan begitu juga jika dijalankan pada
Sistem Operasi Mac ataupun GNU/Linux. Kenapa ini bisa terjadi, karena AWT
(Abstract Window Toolkit) ini benar-benar memanggil native subrutin untuk
menggambar setiap komponen-nya ke layar.
2. Java Swing –
SUN Microsystem -> Oracle
GUI Toolkit
yang mungkin paling banyak dikenal oleh teman-teman yang baru belajar
Pemrograman GUI di Java dibandingkan dengan GUI Toolkit yang lain GUI Toolkit
ini lebih banyak dikenal dikarenakan dukungan tutorialnya yang cukup banyak
bertebaran di Internet, dan juga merupakan standart dari Java yang mana kita
tidak perlu melakukan penambahan library lagi kalau ingin menggunakan GUI
Toolkit ini. Selain itu, terdapat 2 IDE besar yang menggunakan GUI Toolkit Java
Swing yaitu NetBeans IDE(OpenSource) dan IntelliJ IDEA (mempunyai versi
OpenSource dan Komersial)
Dibandingkan
dengan pendahulu-nya yaitu AWT (Abstract Window Toolkit), Swing mempunyai lebih
banyak komponen pendukung untuk membangun sebuah aplikasi yang lengkap untuk
keperluan desktop. Selain didukung dengan banyak-nya komponen, Swing ini
benar-benar murni 100 % ditulis dengan bahasa pemrograman Java tanpa adanya
sebuah wrapper untuk memanggil rutin-rutin native code via JNI (Java Native
Interface). Seluruh komponen yang terdapat pada Swing, semuanya murni digambar
sendiri menggunakan API (Application Programming Interface) 2D untuk memanggil
rutin-rutin dasar penggambaran komponen-nya. Nah dengan model seperti ini,
memungkinkan sekali aplikasi yang dibangun menggunakan Swing tampak sama persis
di berbagai macam Sistem Operasi.
Selain itu,
Swing juga mempunyai kemampuan untuk berganti-ganti tampilan menggunakan LAF
(Look And Feel) atau themes Sayang-nya, jika kita menginginkan tampilan GUI
yangnative(tampilan-nya sama seperti aplikasi-aplikasi lain pada sistem operasi
target) Swing seperti-nya masih terasa kurang smoothterutama dukungan pada font
rendering-nya . Untuk teman-teman yang penasaran bagaimana sih sebenarnya
tampilan dari GUI Toolkit Swing ini ? Dibawah ini adalah screenshot Swing
standart yang bisa kita gunakan tanpa perlu menambahkan library lagi
3. SWT
(Standart Widget Tookit) – IBM Product -> Eclipse Foundation
SWT
(Standart Widget Toolkit) ini adalah sebuah GUI Toolkit yang dikeluaran oleh
IBM sebagai alternatif dari AWT/Java Swing milik SUN Microsystem, yang
membedakan antara SWT (Standart Widget Toolkit) dan AWT/Java Swing adalah SWT
ini benar-benar mengakses native GUI library yang terdapat pada Sistem Operasi
melalui JNI (Java Native Interface). Dengan model seperti ini, memungkinkan
tampilan aplikasi yang dibangun menggunakan GUI Toolkit SWT menjadi sama persis
dengan aplikasi native lain-nya. Kekurangan dari model pemanggilan native GUI
library seperti ini adalah kita harus menyediakan library untuk tiap-tiap
Sistem Operasi target aplikasi kita.
4. QtJambi –
Trolltech -> Nokia Product -> Stopped and Taken By Community
Pernah
menggunakan Desktop Environment KDE ? Ingin membuat aplikasi yang tampilan-nya
mirip denganKDE ? Kalau teman-teman ingin membangun aplikasi yang tampilan-nya
tampak seperti aplikasi yang terdapat pada KDE tapi masih ingin menggunakan
bahasa java sebagai dasar-nya, maka QtJambi adalah pilihan yang tepat untuk
teman-teman. Karena QtJambi ini merupakan binding Qt Framework dengan bahasa
Java, tetapi sayang-nya proyek QtJambi sudah tidak disupport oleh Nokia dan
secara resmi telah ditutup Untung-nya, awal tahun ini ada beberapa developer
yang peduli dengan kelangsungan proyek ini dan akhir-nya membuat sebuah
komunitas untuk melanjutkan pengembangan proyek QtJambi, sekarang teman-teman
bisa melihat perkembangan proyek QtJambi ini pada halaman QtJambi Community.
5. avaGNOME –
Community Product
Jika QtJambi
diatas ditujukan untuk teman-teman yang sudah akrab dengan API (Application
Programming Interface) Qt Framework, berbeda dengan JavaGNOME Proyek ini lebih
dikhususkan untuk teman-teman pecinta GTK atau yang paling banyak dikenal yaitu
GNOMESama seperti GUI Toolkit SWT dan QTJambi, JavaGNOME ini juga mengakses
native library tetapi API yang digunakan adalah API dari GTK. Untuk teman-teman
yang sudah terbiasa membangun aplikasi menggunakan Glade, maka teman-teman bisa
men-design form-nya menggunakan Glade dan memanggil-nya menggunakan bahasa java
melalui JavaGNOME.
D.
Kelebihan
dan Kekurangan GUI
-
Kelebihan
GUI :
1. Desain
Grafis lebih menarik.
2. GUI
memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
3. Memudahkan
pengguna.
4. Menarik
minat pengguna.
5. Resolusi
gambar yang tinggi.
-
Kekurangan
GUI :
1. Memakan
memory yang sangat besar.
2. Bergantung
pada perangkat keras.
3. Membutuhkan
banyak tempat pada layar komputer.
4. Tidak
fleksibel.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang
dibuat menggunakan aplikasiyang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan
komponen-komponen yangtidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen
tersebut bisa berupa tombol,gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user
menggunakan program yangdibuat tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang
dapat digunakan untukmengembangkan program-program GUI, yaitu AWT dan Swing. AWT
adalah istilah bagisekumpulan objek GUI yang dibawa oleh Java diawal
kemunculannya ketika masihmengusung nama Java (Bukan Java 2).
Secara umum bisa dikatakan bentuk dari objek-objek AWT
akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi, misalnyaWINDOWS.
Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa Java 2. Objek-objekSwing
merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek Swing memiliki desain yangberbeda
dibandingkan dengan desain default dari sistem operasi. Dengan kata lain
objekSwing adalah objek visual yang mengusung teknologi Java murni.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar